Admin    2024-02-27 01:59:44

Sukses digelar, Pj. Bupati Andriyanto Ingin Festival Durian Wajib Jadi Agenda Wisata Tahunan Kabupaten Pasuruan

Bangil (PP) - Setelah 7 hari digelar, Festival Durian khas Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan di Sentra Bangkodir Bangil, resmi berakhir. 

Festival tersebut ditutup secara resmi oleh Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto, Jumat (23/2/2024) sore.

Pj. Bupati Andriyanto mengaku berterima kasih kepada seluruh perangkat daerah. Termasuk para peserta stan hingga seluruh pengunjung yang telah meramaikan Durian Fest hingga sukses.

"Dukungan masyarakat dan OPD telah terbukti. Sehingga acara berlangsung meriah dan sukses luar biasa. Saya ucapkan banyak terima kasih untuk itu," katanya. 

Oleh karenanya, ia berharap agar festival durian tetap menjadi agenda wajib yang dilaksanakan setiap tahunnya. Terutama dalam rangka membranding durian lokal khas Kabupaten Pasuruan yang tak kalah dengan durian lain di Indonesia.

"Festival Durian harus jadi agenda wajib dan rutin dilaksanakan di setiap tahunnya. Itu semua untuk membranding Kabupaten Pasuruan sebagai daerah penghasil durian berkualitas di Indonesia. Khususnya di Jawa Timur," harapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Very menjelaskan, animo pengunjung yang datang ke durian fest sangat besar. Hal tersebut ditunjukkan dari jumlah pengunjung yang datang per harinya, rata-rata berkisar 500-750 orang.

"Luar biasa animo masyarakat terhadap pelaksanaan festival durian. Sehari rata-rata 500 sampai 750 orang yang datang dan membeli produk apapun yang dijual di sini," jelasnya. 

Tingginya animo pengunjung bukan hanya berpatokan dari jumlah yang datang. Namun nilai transaksi jual beli yang berputar selama pelaksanaan festival durian per harinya bisa mencapai rata-rata Rp 30-Rp 40 juta. Bahkan banyak milenial yang menjadikan festival durian sebagai ajang pamer konten di media sosial.

"Belum lagi ditambah dengan transaksi stan-stand di luar durian dan UMKM, secara total bisa mencapai rata-rata Rp 50 juta per harinya, dan anak-anak muda yang balapan ngonten di medsos mereka," ucap Diano. 

Seperti diketahui, festival durian juga dimeriahkan dengan banyak lomba yang diikuti pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum. Termasuk didalamnya Lomba Durian Khas Kabupaten Pasuruan yang dimenangkan oleh Durian SAP 1 Kecamatan Purwosari, Juara 2 durian Krai 1 Kecamatan Purwodadi dan Juara 3 durian Kasmin Kecamatan Lumbang. 

Selain itu, ada pula lomba olahan durian yang dimenangkan oleh PKK Kecamatan Wonorejo, Juara 2 Kecamatan Tutur dan Juara 3 Kecamatan Sukorejo, serta pemenang lomba lainnya. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan