Admin    2023-10-18 11:09:27

Peringati Hari Batik Nasional, IWAPI Kabupaten Pasuruan Gelar Event Batik Day

Bangil (PP) - Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC IWAPI) Kabupaten Pasuruan menggelar event Batik Day dalam rangka Peringatan Hari Batik Nasional di Aula Bang Kodir (Bangil Kota Bordir), Minggu (15/10/2023).

Kegiatan ini diapresiasi oleh Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto karena event tersebut bagian dari inovasi untuk lebih menggelorakan kembali batik di masyarakat sebagai kekayaan nusantara sekaligus warisan budaya dunia yang diharapkan ke depannya dapat terlaksana kembali dengan lebih meriah dan semarak lagi.

"Hari ini kita mengadakan kegiatan Batik Day yang digagas oleh DPC IWAPI Kabupaten Pasuruan dengan serangkaian kegiatan. Ada lomba mewarnai, lomba membatik, ada workshop dan lomba fashion show batik. Ini perlu kita apresiasi karena sumber daya batik di Kabupaten Pasuruan begitu kaya motif dan begitu luar biasa," ujarnya.

Selain itu, kata Andri, pelibatan anak-anak dalam Batik Day patut diacungi jempol. Tidak hanya untuk lebih memeriahkan suasana saja, tetapi juga menjadi media edukasi sekaligus promosi batik agar lebih popular di kalangan generasi muda. Dengan begitu akan memunculkan gerakan bangga berbusana etnik batik nan cantik.

Ditambahkannya, perhelatan Batik Day sudah barang tentu akan memunculkan beragam kreasi motif batik terbaru, hasil karya terbaik dari para peserta lomba membatik itu sendiri. Pada akhirnya, akan menambah khazanah koleksi batik khas Kabupaten Pasuruan. Secara otomatis, hal itu akan memberikan efek domino bagi pengembangan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)/ Industri Kecil Menengah (IKM).

Ketua DPC IWAPI Kabupaten Pasuruan, Usi Uswatun Kasana, mengatakan, animo khalayak dalam mengikuti Batik Day cukup tinggi. Hal itu terpantau dari banyaknya jumlah peserta lomba. Total jumlah peserta sebanyak 700 orang, terdiri dari anak-anak sampai orang dewasa yang turut berpartisipasi. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti setiap sesi lomba, mulai dari awal hingga berakhirnya acara. Dan sesuai arahan, kegiatan ini ke depan akan menjadi agenda rutin. IWAPI Kabupaten Pasuruan akan terus berkolaborasi dengan Pemkab Pasuruan untuk memajukan ekonomi kreatif," ucapnya. (rbt/eka)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan