Admin    2024-01-30 11:41:51

Dinsos Kabupaten Pasuruan Salurkan Ribuan Nasi Bungkus Hingga Kids Ware untuk Warga Terdampak Banjir Bandang

Winongan (PNU) - Banjir bandang yang menerjang ratusan rumah di Desa Prodo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada Sabtu (27/01/2024) lalu membuat aktifitas warga terhenti.

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Kabupaten Pasuruan tak tinggal diam.

Selain mendatangkan eskavator dan peralatan untuk membersihkan sisa endapan lumpur, sejumlah bantuan pun sudah disalurkan, beberapa jam pasca kejadian.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan, Suwito Adi melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Abdul Kadir menjelaskan, bantuan yang telah disalurkan meliputi 40 paket makanan anak, 300 paket makanan siap saji, 10 paket family kit dan 10 paket kids ware.

"Sudah kami salurkan keesokan pagi pasca malam kejadian," kata Kadir saat ditemui di sela-sela distribusi bantuan ke Desa Prodo, Senin (29/01/2024).

Tak selesai sampai di situ, Dinas Sosial juga menyiapkan ribuan nasi bungkus yang dibagikan kepada warga terdampak di Desa Prodo maupun di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling yang juga terdampak banjir bandang.

Kata Kadir, pihaknya mulai mendirikan dapur umum sejak minggu (28/01/2024) sore. Dalam satu hari, jumlah nasi bungkus yang dibuat sebanyak 2000 bungkus dan dibagi dalam dua kali pendistribusian.

"Pagi seribu bungkus dan malam seribu bungkus. Kami distribusikan ke warga Desa Prodo dan Desa Penunggul," terangnya.

Dengan penyaluran bantuan tersebut, beban para warga terdampak menjadi ringan. Lantaran disibukkan dengan membersihkan material sisa banjir bandang yang masuk ke rumah-rumah warga.

"Karena banjir bandang ini membawa lumpur. Kalau air tinggal disiram saja. Tapi berhubung lumpur, ya pelan-pelan dibersihkan, karena butuh energi yang cukup," tegasnya. (eml)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan