Admin    2023-10-19 01:14:46

Asman Toga Efektif Atasi Permasalahan Kesehatan Ringan

Grati (PNU) - Pj Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Luhur Andriyanto berkunjung ke- sejumlah desa untuk melihat proses penilaian Lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (ASMAN-TOGA).

Seperti yang terlihat pada Rabu (18/10/2023) pagi. Istri Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto meninjau penilaian lomba Asman Toga di Balai Desa Rebalas, Kecamatan Grati.

Ia datang bersama Tim Penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan dan OPD yang lain.

Menurutnya, Asuhan Mandiri Asman Toga sendiri merupakan cara alamiah yang dilakukan masyarakat untuk memelihara kesehatan dan mengatasi masalah kesehatan ringan dengan memanfaatkan toga.

"Secara mandiri, Asman Toga ini kembali ke- alam. Memanfaatkan tanaman tradisional untuk menjaga kesehatan atau mengatasi permasalahan kesehatan yang ringan," kata Ny Luhur dalam sambutannya.

Ditambahkannya, kegiatan Asman Toga lebih mengajarkan pada upaya mengurangi penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, dan menggantinya dengan tanaman obat keluarga. 

Namun memang dikhususkan pada permasalahan kesehatan yang ringan, seperti batuk, flu, nggreges alias kurang enak badan, serta sebagai obat alami untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Ada banyak tanaman empon-empon seperti jahe, kencur, temulawak, dan lainnya yang punya khasiat sendiri-sendiri. Ini terbukti manjur karena memang dari jaman nenek moyang juga begitu," terangnya. 

Lebih lanjut Luhur menegaskan bahwa asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan taman obat keluarga dilakukan dalam rangka penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat. 

"Utamanya melalui pembentukan kelompok asman toga di masyarakat, terkait sesuai peran, tugas dan fungsi masing- masing. Asman Toga ini jadi penguat tujuan bersama untuk menyehatkan masyarakat," tutupnya. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan