Admin    2023-10-10 22:11:02

Selamat. Kabupaten Pasuruan Raih Penghargaan INOTEK Award 2023

Kabupaten Pasuruan meraih peringkat terinovatif ketiga untuk kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi dalam perhelatan Inovasi Teknologi (Inotek) Award 2023 yang digelar di Hotel Novotel Samator Surabaya, Senin (9/10/2023). Adapun inovasi tersebut diinisiasi oleh Maggot Center Pasuruan (MCP) berupa inovasi EPLC (Evaporasi Pengolah Limbah Cair). 

Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto menerima langsung Piagam Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Dalam rilisnya hari ini, Selasa (10/10/2023), Produk inovasi lainnya dari Kabupaten Pasuruan adalah FAST DRUG POS (Fasilitas Antar Servis Obat di RSUD Bangil dengan Pos Indonesia) berhasil masuk sebagai TOP 15 Kategori Inovasi Daerah. Demikian juga ‘Brongsong Mekanik Penyelamat Buah” sebagai Top 15 Kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi, serta “Tumbas Online: sebagai TOP 15 Kategori Inovasi Teknologi Berbasis Website/ Mobile Apps. 

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan tentang percepatan dalam dunia teknologi yang merupakan salah satu pilar dalam menuju Indonesia Emas 2045. Poin utamanya terfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Khofifah berpesan kepada seluruh Kepala Daerah agar rajin berinovasi berbasis teknologi. Targetnya tidak lain untuk membangun layanan publik dan layanan investasi agar lebih cepat, mudah dan murah. Sekaligus dapat dimonitor oleh siapa saja.

"Para Bupati dan Wali Kota, Pj Bupati dan Pj Wali Kota yang menerima penghargaan INOTEK Award 2023, selamat dan sukses. Teruslah berinovasi. Terima kasih atas kerjasama semuanya untuk terus melakukan inovasi terhadap berbagai update teknologi yang hari ini adalah kebutuhan yang tidak bisa di tunda-tunda," pesan Gubernur Khofifah.

Andriyanto menyampaikan, digelarnya INOTEK Award,  selain untuk memberikan stimuli agar terus berinovasi di bidang teknologi, ajang lomba produk inovasi juga sebagai media berkompetisi sehat bagi para inovator. Adapun tahapan penilaiannya dimulai dari seleksi di tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Timur, berlanjut pengusulan calon penerima anugerah, penerimaan dan pendataan usulan.

"Pada prinsipnya INOTEK Award ini diadakan untuk memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah maupun Perangkat Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Terutama dalam memberikan inovasinya, baik di bidang ekonomi, digital, non ekonomi maupun fungsi ke-Balitbangan," ujar Andriyanto. (rbt/eka)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan