Admin    2024-02-10 22:40:10

PWI Pasuruan Gelar Tasyakuran Peringati Hari Pers Nasional 2024

Pasuruan (PNU) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan menggelar Tasyakuran memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

Tasyakuran tersebut digelar secara sederhana di Balai Wartawan PWI Pasuruan, Jumat (9/2/2024) pagi.

Tak hanya puluhan wartawan dari berbagai media yang berbeda, beberapa pejabat juga hadir. Diantaranya Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo; Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra; Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo Jati; Kadis Kominfo Kota dan Kabupaten Pasuruan serta undangan lainnya.

Pantauan di lapangan, tasyakuran ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng yang diberikan oleh para pejabat tersebut kepada Ketua PWI Pasuruan, Zia Ulhaq.

Menurut Paul (panggilan keseharian Zia Ulhaq), Hari Pers Nasional tahun ini berdekatan dengan momen politik, yakni Pemilu Serentak yang digelar pada 14 pebruari 2024. Oleh karenanya, tak ada acara khusus yang dibuat seperti yang dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya.

"Cuma tasyakuran saja. Karena momennya berdekatan dengan pemilu serentak. Jadi kami gelar dengan sederhana," katanya.

Di tahun politik seperti sekarang, Paul menegaskan bahwa pers harus netral alias independent. Tidak boleh berpihak kepada salah satu paslon maupun parpol tertentu.

"Harus netral. Pemberitaan pun juga harus berimbang, karena itu sudah menjadi marwah seorang insan jurnalis," terangnya.

Sementara itu, Wawali Adi Wibowo berharap kepada seluruh awak media agar terus memberikan informasi kepada masyarakat yang edukatif, informatif dan rekreatif.

"Melalui media, kita bisa teredukasi. Sudah pasti informasi kita dapatkan, termasuk sesuatu yang membuat pikiran kita segar dengan pemberitaan yang ada," jelasnya.

Di sisi lain, Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra berterima kasih kepada insan pers yang telah membantu kepolisian dalam hal publikasi. Utamanya kinerja kepolisian dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Kami masih baru di Polres Pasuruan. Tapi sekilas sudah banyak berita yang saya baca. Bahwasanya kinerja kami terbantukan oleh pemberitaan insan jurnalis. Utamanya pengamanan semua tahapan Pemilu 2024," tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengaku bahwa hubungan Pemkab Pasuruan dengan PWI sangatlah baik. Bahkan beberapa waktu lalu, Pj Bupati Pasuruan mengundang seluruh media di Pasuruan dalam acara Ngopi Bareng di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti.

"Insya Allah akan terus terjalin dengan baik. Karena kuncinya ya satu, komunikasi terus berjalan," ucapnya. (eml)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan