Admin    2024-01-30 11:56:39

PMI Kabupaten Pasuruan Salurkan 650 Nasi Bungkus Kepada Masyarakat Kecamatan Winongan Terdampak Bencana Banjir Bandang

Winongan (PNU) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan membuka layanan dapur umum untuk memasok makanan bagi masyarakat yang terdampak bencana  banjir bandang di Kecamatan Winongan (28/01/2024) lalu.

PMI Kabupaten Pasuruan diberikan informasi serta instruksi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan untuk membantu pelayanan dapur umum untuk masyarakat yang terdampak bencana alam banjir bandang.

Layananan dapur umum didirikan di Markas PMI Kabupaten Pasuruan di Jalan Tongkol No.37b Kecamatan Bangil dengan dihadiri oleh pengurus, pegawai serta relawan dengan jumlah Total 21 personil PMI.
PMI  membuka layanan dapur umum didistribusikan ke Desa Prodo Kecamatan Winongan dengan dibantu oleh PMI Kecamatan Winongan yang mendistribusikan sebanyak 650 nasi bungkus.

Kepala Markas PMI Kabupaten Pasuruan, Sumantri menegaskan pelayanan dapur umum PMI Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu tugas PMI didalam menjalankan tugas sosial kemanusiaan di bidang bencana alam dalam rangka membantu meringankan masyarakat di wilayah Desa Prodo yang terdampak banjir bandang.
"Terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dalam penyaluran bantuan nasi bungkus kepada masyarakat sekitar," ucapnya.

PMI Kecamatan Winongan juga menginformasikan sebelumnya sudah berkoordinasi dengan PMI Kabupaten Pasuruan untuk penyaluran nasi bungkus kepada warga yang terdampak bencana Banjir Bandang.

“Sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan PMI, alhamdulillah hari ini bisa ada bantuan berupa nasi bungkus untuk masyarakat sekitar yang terdampak Banjir Bandang” Ujarnya.

Terpisah, Kepala Dusun Jetis, Sofyan Fairus mengungkapkan bantuan berupa nasi bungkus tersebut sangat bermanfaat bagi warga setempat, karena sampai sore hari warga disibukkan membersihkan lumpur sisa banjir bandang.

"Alhamdulillah warga terbantu sekali dengan bantuan nasi bungkus ini," ungkapnya.

Ia juga berharap adanya bantuan berupa alat kebersihan untuk membantu masyarakat membersihkan endapan lumpur di Desa Jetis.

Seperti diketahui, banjir bandang yang menerjang ratusan rumah di Desa Prodo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada Sabtu (27/01/2024) lalu menyebabkan rumah warga terendam lumpur dengan ketinggian 10-20 meter.

Dari data BPBD Kabupaten Pasuruan, setidaknya tiga dusun di Desa Prodo yang kebanjiran. Rinciannya 79 rumah warga di Dusun Gendol, 85 KK (kepala keluarga) di Dusun Jetis serta 50 rumah warga Dusun Margoutomo. (rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan