Admin    2023-08-26 00:12:23

Sunset di Kebun. Cara Unik Kebun Raya Purwodadi Menyuarakan Konservasi Alam

Purwodadi (PP) - Ada cara unik yang dilakukan Kebun Raya Purwodadi dalam menyuarakan konservasi alam.

Kali ini Kebun Raya Purwodadi menggelar pertunjukan musik " Sunset di Kebun," pada tanggal 26 - 27 Agustus 2023.
Sunset di kebun sebagai salah satu program pengenalan Kebun Raya dan konservasi alam serta tumbuhan kepada anak muda khususnya Gen Z.

General Manager Kebun Raya Purwodadi, Galendra Jaya mengatakan Sunset di kebun dengan konsep Intimate Music Show With Green and Conservation Movement, menyuarakan konservasi alam melalui pertunjukan musik dengan latar Kebun Raya.

Menurut pria yang akrab disapa Gale ini, intimate show berbeda dengan festival. Intimate show memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung, seperti penonton bisa lebih dekat dengan artis, nuansa yang lebih intim, jumlah penonton terbatas dan ramah keluarga.

Penonton juga mendapatkan pengalaman baru, yakni menonton show sambil piknik, bisa menikmati pemandangan indah Kebun Raya Purwodadi, menikmati udara segar nan sejuk, serta acara musik edukatif berbicara tentang konservasi.

"kami sebagai tuan rumah sangat antusias, ini pertama kali diselenggarakan di Kebun Raya Purwodadi, kami berharap Sunset di kebun memberikan pengalaman, pengetahuan baru dan memberikan kesan untuk penonton," ungkap Gale saat jumpa pers bersama awak media, Jum'at (25/08/2023) sore.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Manager Holtikultura Holding Kebun Raya Purwodadi, Hadhiyyah N Cahyono menjelaskan Sunset di kebun juga mengangkat tumbuhan Kadaka yang dikenal dengan Pakis Sarang Burung sebagai aksi konservasi.

Kata Hadhiyyah, alasan mengapa Kadaka menjadi Plant Heroes Sunset di kebun, karena tumbuhan yang mempunyai nama latin Asplenium nidus  ini berkhasiat mengobati bebagai macam penyakit. Selain itu mengenalkan dan membangun rasa cinta masyarakat terhadap tumbuhan.

"Banyak masyarakat yang belum tau tumbuhan ini, padahal banyak sekali khasiatnya. Kalau untuk hewan sebagai sarang burung, untuk tumbuhan akarnya bisa sebagai media tanam anggrek, sementara untuk manusia bekhasiat sebagai obat. Ada 31 jenis koleksi tumbuhan paku di Kebun Raya Purwodadi yang berkhasiat untuk obat, salah satunya ya Kadaka ini," jelasnya.

Sementara itu, Sunset di kebun menghadirkan penyanyi dan grup band seperti Feby Putri, Nidji, Ikhsan Skuter, Coldiac, Bangkutaman, dan Thee Marloes. Serta 4 musisi hasil dari program Eksplorasi Musik, yakni Moccatune, Daisy, Danyannisa dan Ara Fiansyah.

Tidak hanya itu saja, Sunset di kebun juga membagikan tumbuhan Kandaka kepada  penonton. Dalam acara ini Kebun Raya Purwodadi berkolaborasi dengan komunitas Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Pasuruan dan Forum Tanaman Karnivora Indonesia yang bertujuan untuk memperkenalkan tanaman anggrek serta tanaman karnivora. (rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan