Admin    2024-01-04 06:14:46

Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto Minta Masyarakat Tidak Panik Munculnya Kasus Varian Baru Covid 19

Bangil (PNU) - Meski kasus varian baru Covid-19 diduga telah muncul di daerah, Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto meminta masyarakat agar tidak panik berlebihan karena varian baru tersebut mirip influenza biasa, tidak lebih berbahaya seperti varian Delta atau yang lainnya. 

Andriyanto  mengatakan saat ini setidaknya ada enam temuan kasus diduga varian baru dari Covid-19 tersebut. Penderitanya mengalami gejala yang mirip influenza biasa, semuanya ada komorbit. 

"Kami minta masyarakat tidak perlu panik berlebih menghadapi munculnya varian baru Covid-19. Karena varian yang ada saat ini, tidak lebih berbahaya dari sebelum-sebelumnya. Seperti varian Delta," kata Andriyanto di sela-sela kesibukannya, Rabu (03/01/2024).

Dari enam orang tersebut, lima pasien sudah diperbolehkan pulang, sedangkan satu pasien lainnya masih harus dirawat di rumah sakit.  Hal tersebut dibenarkan Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina.

"Tinggal satu pasien saja yang harus dirawat, karena ada komorbit yang agak berat," ucapnya.

Mengenai apakah memang varian baru, Arma menegaskan bahwa seluruhnya masih dalam proses pemeriksaan. Khususnya pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terhadap seluruh kasus konfirmasi positif Covid-19. Apakah varian baru atau bukan masih dalam proses pemeriksaan dan hasilnya belum ada, sehingga tidak bisa memastikan. 

Arma menegaskan bahwa pelayanan kesehatan pada seluruh pasien dilakukan secara proporsional. Termasuk di dalamnya ada ruang isolasi khusus bagi para pasien Covid-19 maupun yang memiliki penyakit tertentu seperti TBC dan lainnya. Namun Arma menegaskan bahwa masyarakat tidak usah kuatir, karena Pemerintah Indonesia sudah menetapkan Endemi Covid-19. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan