Admin    2023-08-06 22:29:46

Paul, Jurnalis Arek TV Terpilih Jadi Ketua PWI Pasuruan Periode 2023-2026

Pasuruan (PNU)- Jurnalis TV Lokal, Ziaul Haq terpilih sebagai Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pasuruan Raya yang baru.

Wartawan yang kerap disapa Paul ini terpilih dalam Konfrensi Cabang (Konfercab) PWI Pasuruan, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Pasuruan, Sabtu (05/08/2023). Ia bakal menahkodai PWI Pasuruan hingga 2026 mendatang. 

Dari pantauan di lapangan, pemilihan Ketua PWI Pasuruan Periode 2023-2026 disaksikan langsung oleh Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim beserta jajaran pengurus PWI Jatim lainnya. Sedangkan pembukaan Konfercab dihadiri oleh Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo; Sekda Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko; Kepala Diskominfo Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris dan undangan lainnya. 

Ketika konfercab dimulai, PWI Jatim mempersilahkan para anggota PWI yang berstatus keanggotaan biasa, dapat mencalonkan dirinya sendiri.

Hingga akhirnya muncul dua kandidat Calon Ketua PWI Pasuruan, yakni Ziaul Haq (Arek TV) dan Muhammad Hidayat (Memorandum). Sedangkan jumlah anggota yang berhak memilih total ada 16 orang. Mereka adalah jurnalis yang telah memiliki kartu keanggotaan biasa.

Hasilnya, Paul memperoleh 9 suara, selisih dua suara dengan Hidayat yang meraup 7 suara. Sehingga secara otomatis, Paul unggul dan memenangkan pemilihan sebagai Ketua PWI Pasuruan 2023-2026.

Setelah terpilih, Zia Ulhaq mengaku akan segera menyusun kepengurusan bersama tim formatur. Ia menekankan kepengurusannya mendatang akan banyak berbenah. 

"Hari ini, sudah tidak ada lagi rivalitas. Kedepan, semuanya harus menjaga soliditas sesama profesi wartawan atas nama PWI," terangnya.

Ke depan, Paul juga menginginkan agar PWI Pasuruan bisa menjadi organisasi yang berprestasi.

"Kita tunjukkan bahwa banyak anggota yang punya prestasi. Mulai dari penulisan, foto sampai olahraga. Kita majukan semaksimal mungkin," harapnya.

Di sisi lain, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim memuji kinerja PWI Pasuruan yang tertib menggelar konferensi tepat waktu di masa kepengurusan 2020-2023 berakhir. Ia berharap kepengurusan yang baru nanti memiliki banyak program yang terukur dan inovatif. Disamping itu, PWI juga diharapkan tidak berhenti dalam melakukan peningkatan kapasitas anggotanya.

"Yang paling mendasar berkaitan dengan kompetensi, semua harus didorong untuk memiliki kapasitas melalui uji kompetensi," ujarnya.

Terpisah, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengucapkan selamat kepada Ketua PWI Pasuruan terpilih. Ia berharap agar PWI selalu menjadi wadah bagi jurnalis dalam menyampaikan berita atau informasi secara jujur, serta menangkal kabar bohong alias hoaks yang hingga kini masih bertebaran di mana-mana.

"Sekarang netizen itu sudah seperti jurnalis. Tapi sampai sekarang masih banyak hoaks yang bertebaran. Sehingga dari PWI lah, hoaks bisa diredam. Dari tulisan jurnalislah, semuanya bisa menjadi berita yang berimbang, jujur dan selalu mengedepankan two way traffic," harapnya. 

Tak lupa, Gus Irsyad-sapaan akrab Bupati Pasuruan ini juga berterima kasih kepada Ketua PWI Pasuruan sebelumnya, yakni Jaka Samudra atau Joko Haryanto yang telah menyumbangkan banyak pemikiran dan ide baru untuk pembangunan di Kabupaten Pasuruan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih untuk Mas Joko dan semua rekan PWI yang banyak menyumbangkan saran, kritik, ide dan masukan untuk pembangunan di Kabupaten Pasuruan agar semakin maju dan berkembang," ucapnya. (emil)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan