Admin    2024-04-18 14:29:37

Lebaran Ketupat. Warga Desa Tambaklekok Gelar Ski Lot

Lekok (SPNU) - Memeriahkan Lebaran hari ketujuh alias " Kupatan" tahun ini, warga Desa Tambaklekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan kembali menggelar Perlombaan Ski Lot, Rabu (17/4/2024) pagi.

Lomba yang menjadi tradisi budaya warga selama berpuluh-puluh tahun itu diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan desa se-Kecamatan Lekok, dan diberangkatkan secara resmi oleh Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto.

Meski sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi warga sekitar, namun antusiasme mereka untuk menyaksikan lomba ski lot masih terbilang sangat tinggi.

Ribuan warga memadati lokasi lomba. Sebab tak hanya ski lot saja yang bisa disaksikan, namun ada perlombaan lain yang juga digelar di hari yang sama, seperti lomba di atas tali, lomba dayung, dan lomba pinalti.

Kepala Desa Tambaklekok, Mochammad djamil menjelaskan, tradisi lomba ski lot ini sudah turun temurun dan berlangsung selama puluhan tahun.

"Tradisi ski lot ini dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang yang mana pesertanya terdiri dari beberapa desa dalam satu kecamatan yaitu Kecamatan Lekok," jelasnya.

Sebelum terkenal seperti sekarang, tradisi Ski Lot menurut Djamil, awalnya berasal dari rutinitas para nelayan yang mencari kerang dan rajungan di laut dengan menggunakan papan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman apa yang dilakukan oleh para nelayan ini akhirnya menjadi semacam tradisi yang dilombakan setiap tahunnya dan dapat disaksikan oleh para pengunjung yang duduk di pinggiran arena ski.

"Namanya pertandingan, jadi banyak yang nonton, seru sekali," ucapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Andriyanto mengapresiasi warga Desa Tambaklekok yang rutin melaksanakan lomba ski lot setiap lebaran di hari raya ketujuh.

Ia pun berharap agar tradisi ski lot akan tetap dilestarikan meskipun sudah era modern.

"Jangan sampai meninggalkan tradisi yang sudah baik. Karena itu peninggalan nenek moyang kita, seperti ski lot ini salah satunya. Semoga bisa dipertahankan sampai kapanpun," harapnya. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan