Admin    2024-02-27 01:22:23

Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga di 3 Kecamatan

Pasuruan (PNU) - Ratusan rumah warga di wilayah Kecamatan Winongan, Gondangwetan dan Grati, Kabupaten Pasuruan terendam banjir, Minggu (25/2/2024) malam.

Di Winongan, banjir menerjang Desa Prodo, Sidepan dan Desa Bandaran. Sedangkan di Gondangwetan, banjir menggenangi pemukiman warga Desa Ranggeh, Bayeman, Sekarputih, dan Kelurahan Gondangwetan. Sementara untuk wilayah Grati, puluhan rumah warga Dusun Kebrukan, Desa Kedawung kulon juga kebanjiran. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariadi mengatakan, banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang sangat lebat sejak siang hingga sore, serta air laut yang dalam kondisi pasang. 

Akibatnya, Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso maupun Sungai Petung tak mampu menampung debit air yang begitu besar, sehingga meluap ke pemukiman warga.

"Kedua sungai meluap sehingga air meluber ke pemukiman warga," kata Sugeng saat ditemui di ruangannya, Senin (26/2/2024) siang. 

Banjir mulai masuk ke pemukiiman warga sejak pukul lima sore. Ketinggiannya rata-rata 20-40 sentimeter. Namun untuk di Dusun Kebrukan, banjir bisa setinggi satu meter. 

Kata Sugeng, posisi pemukiman warga berada di bawah bantaran sungai, sehingga secara otomatis ketika sungai meluap, warga harus bersiap diri menghadapi rumah mereka kebanjiran sampai setinggi dada orang dewasa.

"Ada yang sampai setinggi dada orang dewasa. Tapi hanya sedikit, sisanya rata-rata 40 sentimeter," akunya.

Beberapa jam pasca banjir, Tim Reaksi Cepat BPBD langsung membantu warga dalam hal kedaruratan. Bahkan sudah membangun dapur umum untuk mendistribusikan nasi bungkus bagi warga terdampak yang aktifitasnya terhenti karena banjir. 

"Saat ini FPRB, destana dibantu personil kecamatan, koramil dan polsek melakukan upaya pengamanan dan pendataan warga yang terdampak serta antisipasi evakuasi apabila diperlukan. Selanjutnya juga berkoordinasi dengan BPBD dan UPT Welang Pekalen Dinas PU SDA Jatim," tegas Sugeng. (eml)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan