Admin    2023-10-19 00:39:11

6 Point Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Pasuruan

Bangil (PNU) - Ketua tim kampanye, Ketua DPC/DPD Partai Politik hingga penyelenggara pemilu dan Forkopimda Kabupaten Pasuruan siap mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 dengan jujur, adil, santun dan bermartabat.

Kesepakatan tersebut dibuktikan dengan menandatangani deklarasi damai pemilu serentak tahun 2024 di Halaman Mapolres Pasuruan, Selasa (17/10/2023) pagi.

Dari pantauan di lapangan, seluruh Ketua Parpol peserta pemilu serentak di Kabupaten Pasuruan plus ketua tim kampanye satu per satu membubuhkan tanda tangan di atas kain yang dipasang di papan berukuran besar.

Tak selesai sampai di situ, seluruh penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu plus anggota Forpimda Kabupaten Pasuruan juga ikut tanda tangan kesepakatan. 

Dalam kesepakatan tersebut, total ada 6 poin penting yang harus dilaksanakan dengan sepenuhnya. 

Pertama, siap mengikuti Pemilu Serentak tahun 2024 secara jujur, adil, santun dan bermartabat.

Kedua, siap bekerja sama dengan penyelenggara dan pengawas pemilu serentak tahun 2024, untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau sara, provokasi dan hoax.

Ketiga, siap untuk tidak melaksanakan segala bentuk politik praktis di tempat ibadah selama tahapan pemilu serentak 2024.

Keempat, siap bekerja sama dengan aparat TNI POLRI untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman, dan damai pada pelaksanaan pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Pasuruan. Serta dapat mengendalikan massa pendukung masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan aparat penegak hukum sesuai Peraturan Perundang-Undangan.

Kelima, siap menerima hasil pemungutan suara pemilu serentak tahun 2024 berdasatkan keputusan KPU Kabupaten Pasuruan

Keenam, siap mewujudkan Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Pasuruan berjalan aman, sukses dan turut memelihara situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan, deklarasi damai pemilu serentak 2024 menjadi kunci sekaligus jaminan agar sama-sama menjaga kesepakatan tersebut sampai seluruh tahapan pemilu serentak, selesai dilaksanakan.

"Dengan tanda tangan, maka ini menjadi jaminan bahwa hal ini harus dipertanggung jawabkan secara moral. Karena pemilu harus kita sukseskan bersama-sama," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Eddy Supriyanto, Kepala Bakesbanglinmas Kabupaten Pasuruan.

Ia yang datang mewakili Pj Bupati Pasuruan menegaskan bahwa Pemkab Pasuruan juga mendukung penuh upaya seluruh pihak dalam mensukseskan Pemilu Serentak 2024.

Oleh karenanya, seluruh masyarakat juga harus ikut berpartisipasi dalam menjaga pesta demokrasi terbesar yang akan segera dihadapi di tahun 2024 mendatang.

"Karena masyarakat juga bagian terpenting dari sebuah pesta demokrasi. Mari kita sukseskan pemilu 2024 yang jujur, adil, santun dan bermartabat," harapnya. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan