Admin    2023-08-17 23:54:37

Nyalakan Obor dan Lilin, Syahdunya Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Bangil

Bangil (PNU) - Malam menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 78, Pemkab Pasuruan bersama TNI POLRI menggelar upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS), Rabu (16/08/2023) malam.

Upacara tersebut digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bangil,  dan dipimpin oleh Kapolres Pasuruan,  AKBP Bayu Pratama Gubunagi.

Sedangkan undangan yang hadir diantaranya Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf; Ketua DPRD Sudiono Fauzan; Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak hingga para Kepala Kesatuan Angkatan Bersenjata di wilayah Pasuruan.

Saat prosesi upacara dimulai, lampu-lampu dipadamkan dan selanjutnya obor dinyalakan langsung oleh Kapolres Pasuruan.

Tak hanya itu saja, lilin di setiap makam para pahlawan juga dinyalakan oleh para Siswa Pramuka, sehingga semakin menambah syahdu suasana.

Setelah obor dan lilin dinyalakan, Inspektur Upacara kemudian membacakan naskah AKRS dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta secara serentak oleh seluruh peserta Upacara.

Ditemui usai upacara, Kapolres Bayu mengatakan bahwa upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) tak lain sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang bangsa ini.

"Upacara ini kita lakukan setiap tahunnya saat malam menjelang HUT RI dalam rangka menghormati jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur mendahului kita penerus bangsa tercinta ini," ungkapnya.

Bayu menegaskan, para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa ini telah melakukan hal yang sangat berharga untuk Indonesia.  Sehingga sudah seharusnya para penerus bangsa ini untuk menghormati dan meneruskan perjuangannya dengan berkontribusi positif pada kemajuan bangsa melalui prestasi.

"Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke 78, maka teruslah kita maju untuk memajukan bangsa. Dengan cara apa? Ya berprestasi dan melakukan banyak kegiatan positif yang bisa memberikan dampak yang hebat untuk negara yang kita cintai ini," tegasnya. (emil)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan