Massalkan Bola Tembak, KORMI Kabupaten Pasuruan Keliling 24 Kecamatan

  • by
  • Uncategorized

Grati (PNU) – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Pasuruan terus berkeliling 24 kecamatan untuk memassalkan bola tembak sebagai olahraga rekreasi khas daerah.

Sebagai buktinya, para pengurus KORMI Kabupaten Pasuruan mensosialisasikan Bola Tembak kepada warga Kecamatan Grati dan Purwosari, Rabu (29/12/2021) pagi.

Dari pantauan di lapangan, sosialisasi dilakukan di Pendopo Kecamatan Grati maupun Purwosari. Dalam sosialisasi tersebut, para pengurus terlebih dulu menjelaskan bagaimana bola tembak bisa menjadi olahraga rekreasi yang menyenangkan dan tak perlu seserius oltrad (olahraga tradisional) lainnya.

“Senang sekali. Ini olahraga jaman kecil saya dulu. Wah, bertahun-tahun gak pernah saya lakukan. Jadinya kangen dan bikin ketagihan,” ungkap Susilo (32), salah satu warga Desa Ranuklindungan, Grati.

Setelah selesai sosialisasi, para peserta langsung diarahkan menuju halaman Pendopo untuk mempraktekkan bola tembak secara langsung.

Kebanyakan, semua warga dibuat “rindu” dengan bola tembak yang memang ada sejak tahun 1970 an tersebut.

Ketua KORMI Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf mengatakan, bola tembak adalah salah satu jenis oltrad yang tepat untuk dimassalkan. Selain kerja tim, bola tembak adalah olahraga yang memiliki resiko cedera sangat minim, sehingga tidak menimbulkan resiko kesehatan yang berarti.

“Sudah pasti keringetan tapi bahagia karena selalu tertawa. Tertawa melihat teman atau musuh nya kena lempar bola,” singkatnya.

Ditegaskan Lulis, keberhasilan pemassalan oltrad bola tembak akan berhasil apabila didukung oleh semua pihak. Utamanya para camat hingga kepala desa/lurah yang turun ke bawah dalam rangka mengenalkan bola tembak kepada warganya.

“Saya yakin Pak Camat dan Pak Kades/Lurah akan semangat untuk mensosialisasikan oltrad bola tembak ini. Selain sehat, bugar, oltrad ini juga membuat kita gembira luar biasa, sesuai motto KORMI,” jelasnya.  (emil)