GUNUNG LAWANGAN

Lawangan merupakan sebuah gunung yang berada di Dusun Manggungan Desa Blarang Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.

Memang bukan termasuk gunung yang tinggi karena gunung Lawangan hanya memiliki ketinggian 1486 Mdpl dan jalur pendakiannya juga tidak terlalu panjang karena untuk bisa sampai puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam, namun jalur pendakian MT Lawangan termasuk jalur pendakian yang ekstrem.

Mendekati area puncak, para pendaki akan ditantang untuk menaklukkan track pendakian memiliki kemiringan 70°.

Untuk bisa naik ke area puncak, kita harus mendaki anak tangga yang terjal, demi keamanan, kita bisa berpegangan dengan tali webbing yang sudah disiapkan.

Tidak sampai disitu saja, setelah melewati track yang menantang, selanjutnya saat berada di area puncak, para pendaki akan ditantang dengan area puncak yang sangat sempit.

Sehingga dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian saat melangkah.Karena itu pendakian ke gunung Lawangan, direkomendasikan khusus untuk orang dewasa terutama para pendaki, tidak untuk anak-anak maupun lansia.Karena jalur pendakian termasuk ekstrem dan sangat menantang.

Namun perjuangan untuk melewati track yang ektrem akan terbayarkan dengan keindahan panorama alam dari ketinggian yang sangat menakjubkan.Dari puncak MT Lawangan kita dapat melihat indahnya panorama sejumlah gunung, diantaranya gunung Penanggungan, Welirang, Arjuno, puncak Gunung Semeru, pegunungan Tengger, beserta deretan bebukitan Nongkojajar yang indah. Ikuti liputan kami di segmen program Pesona Pasuruan.(YP)