Admin    2023-10-11 12:43:53

Talkshow Bersama Radio Suara Pasuruan. Pj Bupati Pasuruan dorong seluruh OPD Tingkatkan inovasi

Bangil (PNU) - Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) getol meningkatkan inovasi.

Hal tersebut seperti yang ia sampaikan saat talkshow bersama Radio Suara Pasuruan, Selasa (10/10/2023) pagi.

Menurutnya, inovasi merupakan ruh dari birokrasi. Sehingga menjadi sangat penting dalam memberikan pelayanan publik yang semakin mudah, cepat dan berkualitas. 

"Inovasi itu ruhnya birokrasi. Jadi menjadi bagian yang sangat penting. Apalagi di era 5,0 seperti sekarang, inovasi di OPD wajib dimiliki sebagai bagian dari public service," katanya.

Seperti inovasi STMJ dan Bakso Sakera Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, misalnya.

Inovasi ini menjadi salah satu inovasi Pemkab Pasuruan yang dipresentasikan dalam penilaian Kovablik Jatim tahun 2023. 

Kata Andri, STMJ dan Bakso Sakera adalah produk yang diambil dari potensi susu, daging dan telur di Kabupaten Pasuruan yang luar biasa. Lantaran produktivitasnya menjadi salah satu penyangga di Jawa Timur

"Produksi susu kita luar biasa 10 besar di Jatim. produksi daging kita 6 besar di Jatim. 32% penyumbang di Jatim, ini potensi luar biasa, bagaimana pengolahan daging, susu dan telur dimanfaatkan dengan baik, jadilah produk yang merakyat tapi manfaatnya besar sekali," jelasnya.

Oleh karenanya, secara perlahan Andri mengajak seluruh OPD yang belum berinovasi, agar betul-betul memikirkannya. Minimal dengan 1 inovasi baru.

"Saya memahami ada OPD yang memang kesulitan dalam hal inovasi seperti inspektorat, Satpol PP. Tapi tidak ada yang tidak mungkin, maka dari itu mari kita semangat untuk membuat terobosan baru," ajaknya.

Namun untuk yang sudah memiliki satu atau bahkan lebih, Andri mengajak seluruh OPD agar tak hanya punya banyak inovasi. Namun harus ada keberlanjutan dan pembaharuan agar inovasi tersebut terus dirasakan manfaatnya oleh khalayak publik. Hal itu dikarenakan menjadi sebab sebuah inovasi.

“Karena syarat inovasi itu ada tiga. Pertama adalah kebaharuan, kemanfaatan dan keberlanjutan. Semuanya harus beriringan dan terus menerus, sehingga masyarakat jadi hafal dan tahu betul dari manfaat inovasi OPD itu sendiri," terangnya. 

Lebih lanjut Andri menegaskan bahwa inovasi harus dilengkapi dengan sebuah riset alias penelitian. Sebab Inovasi tanpa riset itu sama dengan bohong.

"Inovasi tanpa riset itu ompong atau tidak berdaya. Saya sebagai Bapak Inovasi di Jatim selalu bilang seperti itu. Inovasi harus ada bukti terlebih dulu. Dan untuk membuatnya, serahkan sama ahlinya," tutupnya. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan