Admin    2024-02-05 22:21:53

Pj. Bupati Andriyanto Ingatkan ASN Jaga Netralitas Dalam Pemilu 2024

Bangil (PNU) - Menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang kurang 9 hari lagi, Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto memperingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar betul-betul menjaga netralitasnya.

Hal tersebut disampaikan Andriyanto saat memimpin apel bersama dan pembacaan ikrar netralitas ASN di Halaman Graha Maslahat, Senin (05/02/2023) pagi.

Menurutnya, netralitas ASN di tahun politik seperti saat ini di atas segala-galanya. 

Prakteknya, ASN tidak boleh berpihak dari segala bentuk pengaruh apapun dan tidak memihak kepada kepentingan lain di luar kepentingan bangsa dan negara, termasuk kepentingan politik. 

"ASN harus netral supaya pemilu bisa berjalan secara jujur dan adil," katanya.

Keberpihakan atau keterlibatan ASN pada salah satu pasangan calon atau peserta pemilu 2024 dilarang untuk dilakukan. 

Kata Andriyanto, bentuk keberpihakan ASN meliputi memasang spanduk/baliho/alat peraga bakal calon peserta Pemilu, sosialisasi/kampanye pemilu, menghadiri deklarasi/kampanye bakal calon peserta pemilu, membuat postingan atau share, comment, like or follow grup/akun pemenangan bakal calon peserta pemilu; dan lainnya. 

"Termasuk ikut dalam kampanye atau Sosialisasi bakal calon peserta pemilu itu dilarang," tegasnya.

Untuk itu, agar peringatan ini dilaksanakan dengan amanah, ribuan ASN Pemkab Pasuruan yang mengikuti apel pagi berikrar untuk netral dalam Pemilu 2024. 

Setelah selesai berikrar, semua ASN wajib menandatangani pakta integritas yang diawali oleh Sekda, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD hingga camat. Barulah selanjutnya diturunkan kepada semua staf yang juga tanda tangan.

"Dengan pakta integritas maka sudah jelas point-point yang harus dipahami oleh ASN. Apa yang wajib dilakukan dan yang dilarang sudah tertera dengan sangat jelas," terang Andri.

Apabila dilanggar, maka setiap ASN yang terbukti terlibat bahkan mendukung salah satu peserta pemilu, maka  sudah pasti akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Bisa jadi ini salah satu strategi dari yang mencalonkan sampai membuat ASN menjadi tidak netral. Karena Pemilu hanya satu hari, tapi sanksinya sangat berdampak dan tidak kami inginkan. Maka jaga betul netralitas ASN agar kita bekerja juga aman, nyaman dan tanpa ada gangguan," harapnya. (eml)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan