Admin    2023-07-16 11:37:29

Pasuruan Orchids Festival 2023, Upaya Pemkab Pasuruan Bangkitkan Kembali Pengembangan Agribisnis Anggrek

Pandaan - Plh. Bupati Pasuruan, Mujib Imron menyambut baik sekaligus memberikan apresiasinya terhadap terselenggaranya event kompetisi flora bergengsi Pasuruan Orchids Festival 2023. Pernyataan itu disampaikannya di hadapan seluruh peserta lomba, dan pengunjung yang sedari pagi tadi memadati Expo Center Taman Dayu, Kecamatan Pandaan pada hari Sabtu (15/7/2023).

Dalam agenda istimewa yang dihadiri oleh beberapa anggota Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) itu, Gus Mujib sapaan familiarnya menjelaskan bahwa kegiatan digelar sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk membangkitkan kembali pengembangan agribisnis tanaman Anggrek. Khususnya di Kabupaten Pasuruan. Harapannya, dari budidaya Anggrek yang terus diptimalkan akan memberikan nilai tambah keekonomian tersendiri bagi petani dan para hobiis Anggrek.

"Kami merasa bangga luar biasa dan senang, karena ternyata pecinta Anggrek di Pasuruan sangat luar biasa. Animo dan semangatnya untuk memajukan sebagaimana harapan dari DPD Pusat juga luar biasa," ungkap Gus Mujib dengan bersemangat.

Lebih lanjut, Plh. Bupati Pasuruan juga menyatakan dukungan penuhnya terhadap kemajuan pengembangan tanaman Anggrek agar ke depannya sehingga semakin prospektif. Tentunya disertai dengan semakin banyaknya persilangan bibit tanaman Anggrek yang dihasilkan.

"Mudah-mudahan ke depannya makin banyak lagi persilangan bibit Anggrek yang akan dihasilkan dengan kreasi dan inovasi. Saya mengapresiasi hasil silangan Anggrek tadi. Pak Bupati yang saat ini posisinya masih di Madinah memberikan nama, Semar Wangi. Filosofinya, Semar diambil dari kata gunung Semeru dan Arjuno yang membawa keberkahan untuk Kabupaten Pasuruan. Diantaranya memberikan sumber mata air bersih Umbulan yang menghasilkan 4 ribu liter/detik," tuturnya.  

Masih di momen yang sama, Gus Mujib menambahkan bahwa di Kabupaten Pasuruan sejak dulu banyak petani dan penghobi Anggrek yang mengembangkannya. Baik sebagai hobi maupun tujuan komersil. Pada tahun 2022, luas panen Anggrek 6.371/m², produktivitas 1,81 tangkai/m² dan produksi 11.529 tangkai. Dengan potensi tersebut, tanaman Anggrek mempunyai peluang yang cukup besar untuk dikembangkan di Kabupaten Pasuruan.

"Terimakasih semua pihak yang sudah memeriahkan Pasuruan Orchids Festival tahun ini. Perhimpunan Anggrek Indonesia dari Malang, Solo, Bandung, Kalimantan dan lainnya. Mudah-mudahan membawa keberkahan untuk kita semuanya. Aplaus untuk Bapak Ibu semuanya," pungkasnya.  

Diketahui, Pasuruan Orchids Festival 2023 dihadiri oleh banyak perwakilan PAI di Indonesia. Sebut saja PAI Bali, Banjarmasin, Bandung, Yogyakarta, PAI Tulung Agung, Malang, Jember dan PAI Lumajang. Tidak terkecuali dari PAI Kediri, PAI Mojokerto, Nganjuk, Surabaya dan PAI Blitar.

Ada beberapa kompetisi dalam perhelatan yang berlangsung sangat meriah tersebut. Tidak hanya Lomba Anggrek, tapi juga ada bursa Anggrek dan tanaman hias, lelang Anggrek Onlinetalkshow serta kunjungan ke kebun Anggrek di Prigen. (eka)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan