Admin    2023-11-30 01:57:13

Kurangi Risiko Banjir, Pemkab Pasuruan Normalisasi Sungai Kebonsari

Gempol (PNU) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melakukan normalisasi sungai Kebonsari yang dipantau langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati, Andriyanto, Rabu (29/11/2023). Normalisasi dilakukan agar risiko banjir yang berasal dari Sungai Kebonsari bisa semakin berkurang. Untuk kali ini, normalisasi dilakukan sepanjang 2 kilometer, dan ditargetkan selesai dalam 1-2 hari. 

"Karena sudah masuk penghujan. Saya ingin normalisasi segera dilakukan, karena ini jadi bagian dari langkah represif kita agar volume banjir bisa berkurang. Apabila dilihat dari kewenangan, sudah jelas masuk dalam ranah Pemprov Jatim. Namun apabila terjadi banjir, maka yang menjadi korban terdampak adalah warga Kabupaten Pasuruan. Maka dari itu, langkah cepat menormalisasi Sungai Kebonsari menjadi langkah yang tak perlu harus menunggu lama, “jelasnya.

Dalam normalisasi ini, Pemkab Pasuruan dibantu oleh Dinas PU SDA Jatim serta PT Gutner, salah satu perusahaan yang lokasinya dekat dengan Sungai Kebonsari. 

"Terima kasih untuk PU SDA Jatim dan PT Gutner yang membantu operasional normalisasi Sungai Kebonsari dan tentunya warga sekitar yang juga ikut membantu," katanya.

Andri juga mengatakan bahwa saat ini beberapa sungai di Sidogiri, Rejoso dan wilayah lainnya tengah dinormalisasi dan berharap jika semakin banyak sungai yang dinormalisasi, maka banjir juga bisa semakin ditekan. 

Seperti diketahui, Sungai Kebonsari yang berada di wilayah Desa Gempol hingga Desa Legok, Kecamatan Gempol ini seringkali tak mampu menahan kiriman air yang datang dari wilayah Hulu, ketika curah hujan sedang tinggi-tingginya. 

Penyebabnya karena masih banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai ini ditambah tanaman Enceng gondok yang menutupi badan sungai, sehingga air pun gampang meluber ke pemukiman warga. 

Sejumlah sampah rumah tangga berhasil dibersihkan dengan menggunakan eksavator atau alat berat. Begitu pula dengan enceng gondok yang dibabat i agar sungai terlihat bersih, sehingga aliran sungai menjadi lancar. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan