Admin    2024-01-30 11:16:14

Festival Durian Khas Kronto Jadi Agenda Wisata Tahunan

Lumbang (PP) - Pertama kali digelar dan berlangsung meriah, Festival durian dengan menghadirkan Gunungan Durian Raksasa yang dibuat oleh warga Desa Kronto, Kecamatan Lumbang pada Minggu (28/01/2024) siang akan dijadikan agenda wisata tahunan.

Pernyataan tersebut disampaikan Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto usai menyaksikan acara tersebut. 

Menurutnya, Desa Kronto memiliki potensi buah durian yang luar biasa. Hal itu ia buktikan dengan membeli buah durian dari para pedagang di sepanjang jalan masuk Desa Kronto.

Durian khas Kronto memiliki tekstur buah yang lembut, warna daging yang sangat menarik serta rasa yang super legit. 

Ia pun menyatakan bahwa durian Kronto sangat berkualitas.

"Nggak kalau dengan durian Bali atau durian Medan. Durian Kronto rasanya sangat legit, tekstur dagingnya lembut di mulut dan warnanya sangat menarik, kuning keemasan," ungkapnya. 

Perihal harga, durian Kronto sangat murah. Apalagi membeli langsung dari para petani ataupun dari pohonnya. 

"Seratus ribu rupiah dapat tiga sampai empat buah durian ukuran besar. Ini murah sekali, "singkatnya.

Ia pun dibuat takjub dengan melimpahnya buah durian yang ada di Desa Kronto.

Apalagi panen kali ini adalah panen terbaik dan terbesar yang dirasakan oleh para petani durian Kronto. Sebab jumlah durian yang dipanen per hari nya bisa mencapai 10 ribu buah.

"Itu artinya para petani durian Kronto sejahtera. Dari dua ribu lebih petani durian dan sekitar 350-700 hektar kebun durian, ini jadi asset bagi para petani untuk mereka bisa menggantungkan hidupnya dari buah durian," jelasnya.

Dengan fakta tersebut, Pemkab Pasuruan tinggal mensupport dalam hal fasilitasi promosi, publikasi dan tempat untuk memasarkan durian khas Kronto.

"Sebentar lagi bulan Pebruari ini kita adakan Festival Durian di Bangil. Kami undang para petani durian Kronto untuk bergabung di sana. Silahkan jual sebanyak-banyaknya kepada para pecinta durian. Kita jadikan agenda tetap tahunan khas daerah," tutupnya. (eml)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan