Penghujung 2021, Cakupan Vaksinasi Di Kabupaten Pasuruan Capai Lebih Dari 70%

  • by
  • Uncategorized

Suara Pasuruan – Di penghujung tahun 2021, cakupan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan berhasil mencapai lebih dari 70%.

Dari catatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan per Kamis (30/12/2021) kemarin, jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang sudah divaksin tahap pertama sebanyak 874.481 orang. Apabila diprosentasekan, cakupannya kini menembus di angka 70,49%.

Bupati Pasuruan yang juga menjabat Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) mengatakan, selama bulan desember, vaksinasi di Kabupaten Pasuruan terus dikebut melalui Grebek Vaksin.

“Namanya juga Grebek, jadi bersama-sama kita dorong percepatan vaksinasi mulai dari kecamatan sampai door to door ke rumah warga. Ada banyak cara yang kita lakukan supaya cakupan vaksinasi bisa terpenuhi,” kata Gus Irsyad di sela-sela kesibukannya, Jumat (31/12/2021) pagi.

Selama Grebek Vaksin, semua stake holder terkait wajib terlibat. Mulai dari TNI, POLRI, Petugas Kesehatan (vaksinator) dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas hingga alim ulama dan tokoh masyarakat yang ikut melakukan pendekatan langsung kepada warga. Khususnya mereka-mereka yang masih saja enggan untuk divaksin.

“Kita libatkan semua pihak untuk bisa mensukseskan vaksinasi sampai target yang dipatok untuk Pemerintah Pusat, yakni 70% di akhir tahun 2021, dan alhamdulillah terpenuhi,” tegasnya.

Keberhasilan vaksinasi di Kabupaten Pasuruan tak hanya pada masyarakat umum saja. Hal yang sama juga terjadi pada vaksinasi lansia, di mana cakupannya juga melebihi target, yakni 64,38%  alias sudah ada 88.461 lansia yang sudah tervaksin tahap pertama.

Menurut Gus Irsyad, vaksinasi lansia memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Dimana para petugas harus ekstra sabar menghadapi banyak penolakan dari para lansia yang belum memahami pentingnya vaksin.

Meski begitu, semua kendala tersebut berhasil dilewati, sehingga target cakupan vaksinasi lansia bisa tercapai sebelum pergantian tahun 2021 ke 2022.

“Terima kasih banyak untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan yang telah mendukung langkah Pemerintah dalam mempercepat vaksinasi. Ini sungguh capaian yang membuat saya dan Gus Mujib ikut lega. Karena kalau sudah tercapai targetnya, aktifitas masyarakat pun lambat laun bisa kembali normal seperti sedia kala,” tutupnya. (emil)