Admin    2024-01-30 11:05:20

Bentuk Rasa Syukur. Warga Desa Kronto, Kecamatan Lumbang Buat Gunungan Durian Raksasa

Lumbang (PP) - Panen melimpah, Pemerintah Desa Kronto, Kecamatan Lumbang,  Kabupaten Pasuruan membuat gunungan durian raksasa, Minggu (28/01/2024).

Gunungan tersebut berisikan ribuan durian khas Kronto dan ditempatkan di Persimpangan Jalan Desa yang lokasinya tak jauh dari Balai Desa Kronto.

Pantauan di lapangan, gunungan tersebut awalnya akan dibagikan secara tertib kepada para pengunjung. Namun lantaran menjadi sebuah tradisi, warga pun tetap berebut durian tersebut.

Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto yang hadir di lokasi mengaku takjub dengan antusiasme pengunjung yang datang ke Desa Kronto untuk berburu durian.

Ia pun membuktikan kelezatan Si Kasmin dengan membelinya pada pedagang secara random.

"Dan memang rasanya legit sekali. Durian Desa Kronto legit dan melimpah di sini," ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) Provinsi Jawa Timur ini berharap agar tradisi Gunungan Durian bisa menjadi agenda pariwisata tahunan yang wajib dilaksanakan.

"Kita jadikan agenda kunjungan pariwisata belanja buah durian langsung dari pohonnya di Desa Kronto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Kronto, Sodin mengaku, total ada 2024 buah durian yang disusun berbentuk tumpeng raksasa. Untuk membuatnya, Desa sudah membentuk panitia dari Karang Taruna dan warga sekitar.

"Buatnya hanya sehari saja. Karena sistemnya gotong royong," singkatnya.

Dijelaskan Sodin, Gunungan Durian merupakan salah satu wujud syukur kepada Allah SWT. Sebab tahun ini menjadi tahun yang paling berkah bagi para petani durian di Desa Kronto.
Para petani tengah memanen raya durian di kebun-kebun mereka.

"Setiap hari tak kurang dari sepulluh ribu durian turun. Artinya dipanen kemudian dijual ke Kota," terangnya.

Lebih lanjut Sodin menegaskan bahwa ribuan durian yang dipajang menjadi Gunungan berasal dari hasil kebun para petani durian. Mereka menyumbangkan beberapa buah sebagai amal jariyah untuk desa yang mereka tinggali sendiri.

"Durian nya ya dari semua petani. Kami kumpulkan jadi satu di sini untuk dibagikan ke warga," jelasnya.

Di Desa Kronto, luasan kebun durian mencapai lebih dari 350 hektar. Ada tiga jenis durian unggulan, yakni Durian Si Kasmin, Si Laron dan dan Si Karim.

Kata Sodin, durian favorit para pecinta durian adalah Si Kasmin yang terkenal dengan rasanya yang sangat legit dengan daging buahnya yang berwarna kuning.
"Durian Si Kasmin paling laris, karena rasanya legit dan dagingnya tebal, warnanya kuning," tutupnya. (eml/rbt)

  • Share :
0 Komentar
Tulis Komentar
Phone:
Email:
Copyright @2023. Diskominfo Kabupaten Pasuruan