3 Kategori Sekaligus. Bupati Irsyad Yusuf Raih Top Pembina BUMD 2022

Jakarta (PNU) – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf kembali menerima penghargaan sebagai Top Pembina Terbaik BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Kali ini, orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini meraih predikat Top Pembina Terbaik BUMD 2022 dinilai memiliki komitmen turut menghantarkan BUMD, yakni PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Pasuruan yang juga meraih predikat Top BUMD Perumda Air Minum dengan meraih bintang lima, serta Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan, Zaari sebagai Top CEO BUMD 2022.

Dari pantauan di lapangan, penghargaan diserahkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Top CSR Award 2022 kepada Bupati Irsyad Yusuf di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/04/2022) sore.

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Bupati Irsyad mengatakan, PDAM Kabupaten Pasuruan yang ia namai “ Giri Nawa Tirta” terus didorong untuk memperbaiki seluruh kinerja. Terutama dalam memberikan pelayanan  publik, di samping juga focus pada bagaimana bisa memberikan nilai tambah untuk  pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Pasuruan setiap tahunnya.

“Saya terus mendorong PDAM agar betul-betul memperhatikan aspirasi pelanggan. Apalagi ini urusannya dengan pelayanan air bersih, jadi sangat urgent. Dan saya lihat sekarang sudah baik dalam hal penataan manajemen sampai dengan komitmen untuk menambah jumlah pelanggan  dan peningkatan kinerja keuangan dan bisnisnya (delta growth),” ujarnya.

Ditambahkannya, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh seluruh jajaran manajemen yang dipimpin Za’ari sebagai Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan. Yakni peningkatan pendapatan atau keuntungan PDAM, peningkatan pelayanan kepada pelanggan, serta optimalisasi SDM (Sumber Daya Manusia) di internal PDAM Kabupaten Pasuruan.

“Jangan sampai pendapatannya meningkat, tapi justru pelayanannya menurun. Seluruhnya harus balance antara pelayanan, profit dan kualitas sumber daya manusia,” tegasnya.

Sementara itu, seperti diketahui bahwa Top BUMD merupakan kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. Acara ini dikomandani Majalah Top Business dan bekerjasama dengan Asia Top BUMD 2022, serta diikuti oleh ratusan nominasi BUMD terbaik dari hasil seleksi 1.150 BUMD di seluruh Indonesia.

Ajang ini sebagai sarana mendukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pengembangan perekonomian di daerah.

Atas penghargaan yang diberikan, Bupati Irsyad mengucapkan terima kasih untuk seluruh jajaran Manajemen PDAM Kabupaten Pasuruan, Pengawas PDAM dan seluruh pelanggan PDAM, yakni masyarakat umum yang terus mempercayakan segala pelayanan air bersih kepada PDAM Kabupaten Pasuruan.

“Insya Allah PDAM Kabupaten Pasuruan akan terus berbenah dan berinovasi demi pelayanan yang maksimal. Terima kasih pula untuk para alim ulama, tokoh masyarakat dan semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Penghargaan ini untuk kita semua,” tutupnya. (Emil)