Bupati Irsyad Yusuf Ajak Warga Jaga Sumber-Sumber Air Agar Tak Kering. Maksimalkan Agar Punya Daya Tarik Wisata

Kraton (PNU) – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) mengajak masyarakat untuk menjaga sumber-sumber air yang sudah ada agar tidak hilang.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati dalam Peringatan Hari Air Sedunia ke 30 yang digelar di sekitaran Bendung Girang, Desa Slambrit, Kecamatan Kraton, Kamis (14/04/2022) siang.

Menurutnya, sumber-sumber air di Kabupaten Pasuruan sangat melimpah. Bahkan banyak yang masih alami dan tercipta di sekitaran embung, sungai maupun bendung di desa-desa.

“Seperti di Desa Slambrit ini. Ada sumber air yang masih jernih dan terjaga keberadaannya. Di sampingnya juga ada sungai yang alirannya cukup deras dan jernih,” katanya.

Apabila sumber air tersebut dijaga, penduduk sekitar juga yang akan mendapatkan keuntungan. Kata Gus Irsyad, Bendung Girang menjadi salah satu contoh sumber air yang memberikan banyak manfaat, seperti pengairan areal persawahan warga seluas 503 hektar, hingga wisata bagi warga sekitar maupun penduduk di desa-desa tetangga.

Sedangkan Pemkab Pasuruan sendiri tinggal memberikan pemantik agar warga semakin bergeliat. Mulai dari pembenahan sayap-sayap di sekitar bendung, pewarnaan di sisi tebing bendung, perbaikan jalan hingga pembuatan tanda agar keberadaan bendung ini semakin dikenal

“Kita dorong potensi desa yang kita manfaatkan sebagai sarana pariwisata desa, sehingga tidak jauh-jauh.
Harus kita perhatikan, kareba kita kasih sentuhan sedikit. Sisi lain kita manfaatkan untuk masyarakat lokalbseperti perahu untuk warga, jalannya kita perbaiki, tebingnya kita warna-warni dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Nantinya, ketika banyak pengunjung berdatangan, maka perputaran ekonomi sudah pasti berjalan. Ditegaskan Bupati, Pemkab Pasuruan sudah menggandeng CSR Bank Jatim untuk membuat bendung ini semakin cantik.

Ke depannya, ia berharap kepada warga untuk ikut menjaga kebersihan di sekitar bendung, serta memviralkan bendung Girang dan semua bendung di Kabupaten Pasuruan yang memiliki daya tarik wisata.

“Masyarakat ingin apa, kita dorong. Kepentingan kita dalam rangka memanfaatkan sumber daya air dan potensi desa. Jadi mari kita jaga yang ada di sekitar desa kita, dan kita promosikan agar semakin banyak yang datang, ” harapnya. (emil)