Kepala SMKN I Grati Raih Predikat Tim Kerja Terbaik Anugerah CEO SMK PK Se-Indonesia

  • by
  • Uncategorized

Grati (PNU) – Kepala SMKN 1 Grati, Nining Faridah, sukses mengantarkan sekolah yang dipimpinnya meraih predikat sebagai Tim Kerja Terbaik dalam Program Anugerah CEO SMK PK (Pusat Keunggulan) Tahun 2021.

Penghargaan itu diserahkan Ditjen Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Saat ditemui di sekolahnya, Selasa (28/12/2021) siang, Nining menuturkan, Program Anugerah CEO diikuti oleh ribuan SMK PK (Pusat Keunggulan) se-Indonesia. Dari ribuan kepala SMK PK, Juri menyeleksi dan memperkecil hingga 500 orang yang disebar di 5 perguruan tinggi di tanah air.

Dari jumlah tersebut, mereka diperkecil kembali menjadi hanya 15 finalis untuk selanjutnya ke Jakarta guna presentasi PPS (Program Pengembangan Sekolah (PPS) yang didapat dari diklat di Perguruan Tinggi tersebut.

”Kaget sekali, karena dari ribuan kepala sekolah, eits saya katut menjadi 15 finalis. Dan saya harus terbang ke Jakarta untuk presentasi PPS sebagai tahap akhir seleksi CEO terbaik’’ ungkapnya.

Diungkapkannya, selama mengikuti diklat di Jakarta, Nining ditempatkan di Universitas Indonesia dan diwajibkan membuat presentasi sesuai materi yang disampaikan oleh para mentor di kampus tersebut. Presentasi peserta memperebutkan predikat terbaik yang dibagi lagi 5 kategori. Meliputi tim kerja terbaik, kemitraan terbaik, kinerja terbaik, kewirausahaan terbaik, dan cakap digital.

“Kalau saat ini, saya mengenalkan program unggulan SMKN I Grati, yakni Agribisnis Ternak, karena sangat membanggakan menurut saya,” singkatnya.

Agribisnis ternak merupakan salah satu pendidikan kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Grati. Kata Nining, fokus pembelajarannya meliputi ternak unggas seperti bagaimana menyiapkan kandang dan fasilitas ternak unggas, memberikan pakan, menangani limbah, menyusun perencanaan usaha, hingga memelihara ternak.

“Sejak tahun 2019, fasilitas kandang unggas yang kami miliki mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari hanya sebuah kandang sederhana, kini menjadi kandang close house berkapasitas 3.500 ekor ayam pada tahun 2021,” tandasnya.

Tidak hanya telah memiliki fasilitas yang sangat memadai. Saat ini, SMKN 1 Grati juga sudah bekerja sama dengan berbagai pihak dalam pemasaran ayam broiler. Salah satunya, menggandeng beberapa UMKM setempat.

Dengan raihan prestasi tersebut, Nining berterima kasih kepada semua keluarga besar SMKN 1 Grati yang sangat kompak dalam semua hal. Terlebih ketika di tahap-tahap terakhir penilaian, support dari para guru dan pegawai lainnya, sangat membantunya hingga meraih predikat terbaik tingkat nasional.

“Terima kasih yang tak terhingga buat para guru dan semua pegawai yang membantu saya selama ini. Termasuk siswa-siswi yang saya harapkan bisa lulus dengan menjadi seorang pengusaha atau bahkan mimpi sebagai seorang CEO bagi usahanya sendiri,” harapnya. (emil)