Inovasi KIOS E-PAK LADI Raih Top 30 Kovablik Jatim 2021

  • by
  • Uncategorized

Surabaya (PNU) – Inovasi KIOS e-PAK LADI milik Pemerintah Kabupaten Pasuruan diganjar penghargaan sebagai Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Tmur tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) dalam acara Penganugerahan Top Inovasi Pelayanan publik Provinsi Jawa Timur tahun 2021 di Hall Grand City Surabaya, Jumat (19/11/2021) siang.

Melalui sambungan selulernya, Gus Irsyad mengatakan, KIOS e-PAK LADI merupakan singkatan dari pelayanan kependudukan langsung jadi secara elektronik yang sudah mulai diterapkan sejak awal Oktober tahun 2020 lalu.

Hadirnya inovasi tersebut tak lain sebagai upaya untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada seluruh warga Kabupaten Pasuruan, khusus yang berkaitan dengan administrasi kependudukan. 

Dalam prakteknya, kios tersebut ditempatkan di Balai Desa/Kantor Desa, dimana setiap masyarakat tak perlu lagi datang ke kecamatan atau Dispenduk Capil untuk mengurus segala layanan kependudukan. Mulai dari KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA (Kartu Identitas Anak) dan jenis pelayanan kependudukan lainnya.

“Alhamdulillah, genap satu tahun inovasi ini kami buat dan kami terapkan kepada masyarakat, dan hasilnya sangat membantu siapa saja yang ingin mengurus kependudukan tanpa jauh-jauh ke kecamatan atau Dispenduk Capil. Cukup ke Kantor/Balai Desa dan Kelurahan, langsung selesai,” katanya.

Sejak awal dibangunnya KIOS e-PAK LADI hingga saat ini sudah ada 223 kios yang tersebar di semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Gus Irsyad menargetkan semua desa/kelurahan akan memiliki KIOS e-PAK LADI di tahun 2022 mendatang.

“Insya Allah tahun 2022, semua desa/kelurahan se-Kabupaten Pasuruan sudah ada KIOS e-PAK LADI,” singkatnya.

Dengan diraihnya Top 30 Kovablik Jatim 2021, Gus Irsyad berterima kasih kepada Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan yang terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaiknya bagi masyarakat, serta semua petugas layanan adminduk di semua kecamatan, desa dan kelurahan.

“Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan dan berikan kepada masyarakat dicatat sebagai bagian dari amal ibadah kita kepada Allah SWT. Saya berpesan supaya yang namanya layanan, inovasi, ide dan gagasan dalam memberikan kepuasan publik harus terus dikembangkan sampai kapanpun,” tutupnya. (emil)