Wakil Bupati Pasuruan, Gus Mujib Imron Berangkatkan 48 Kafilah Ke MTQ XXIX Jawa Timur

  • by
  • Uncategorized

Pasuruan (PNU) – Sebanyak 48 kafilah Kabupaten Pasuruan akan mengikuti MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) ke XXIX Tingkat Jawa Timur yang akan digelar di Pamekasan, Madura, 2-11 November 2021.

Puluhan Kafilah tersebut diberangkatkan oleh Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib), dari Pendopo Nyawiji Ngesi Wenganing Gusti, Selasa (02/11/2021) pagi. Selain Gus Mujib, hadir pula Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin; Rois Syuriah, KH Muzakki Birrul Alim; Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz; Kapolres Pasuruan Kota, dan AKBP Arman

Dalam sambutannya, Gus Mujib berharap agar prestasi terbaik yang pernah diraih oleh Kafilah Kabupaten Pasuruan pada 4 tahun silam, bisa kembali terulang. Yakni meraih Peringkat 3 dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Untuk itu, Gus Mujib berpesan kepada para Kafilah agar benar-benar fokus dan tenang saat bertanding. Selain itu, ia juga meminta para Kafilah untuk tidak mendahulukan berkeliling ke sana kemari sebelum pertandingan usai. Hal tersebut penting dilakukan agar para Kafilah tak sampai kelelahan sehingga berdampak pada kondisi badan yang kurang sehat.

“Mudah-mudahan Allah SWT membuka aura semua kafilah Kabupaten Pasuruan pada saat bertanding. sehingga bisa tenang dan menampilkan kemampuan terbaiknya,” katanya.

Gus Mujib pun juga meminta doa dari seluruh alim ulama, untuk menyelipkan doa bagi para Kafilah yang akan berjuang untuk mengharumkan nama Kabupaten Pasuruan di kancah Jawa Timur.

“Kami mohon kepada para kiyai yang hadir dan seluruh ulama untuk bisa menyelipkan doa di sepertiga malam Tahajjud nya. Matur nuwon sanget kami sampaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut Gus Mujib mengaku akan ikut mensupport para kafilah Kabupaten Pasuruan dengan datang dan ikut menyaksikan jalannya pelaksanaan MTQ XXIX di Pamekasan.

“Insya Allah saya akan ke Pamekasan untuk mendoakan sekaligus memberikan motivasi kepada para kafilah. Mudah-mudahan bisa menyemangati seluruh yang berjuang demi nama Kabupaten Pasuruan,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pasuruan, Rakhmat Syarifudin menjelaskan, 48 kafilah Kabupaten Pasuruan akan mengikuti 25 cabang lomba. Diantaranya khat khiasan mushaf putra, khat dekorasi putra, khat naskah putra, makalah ilmiah Al Qur’an, MSQ Putra dan Putri, Tahfidz 1 Juz-5 juz, MHQ10-30 juz, MFQ putra putri, tafsir bahasa indonesia, bahasa arab dll.

Dari 25 cabang lomba, beberapa yang menjadi cabang unggulan Kabupaten Pasuruan diantaranya Tilawah, Murottal, Tahfidz dan MHQ.

“Banyak sekali cabang lomba yang kita unggulkan meraih juara. Mulai dari Tilawah sampai MQQ. Mudah-mudahan tahun ini jadi miliknya Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Di sisi lain, seluruh kebutuhan para kafilah ditanggung oleh Pemkab Pasuruan melalui APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2021. Menurut Rakhmat, kebutuhan seragam, akomodasi, penginapan, konsumsi, uang saku hingga pelatihan dan pembinaan para kafilah, telah dianggarkan hingga mencapai ratusan juta rupiah.

“Sudah disiapkan dari DAK Kabupaten Pasuruan. Mulai dari kebutuhan seragam, penginapan, uang saku, hadiah atau bonus, sampai urusan pembinaan dan pelatihan juga sudah disiapkan Pemkab Pasuruan,” tutupnya. (emil)