Genap Berusia 3 Tahun, RSUD Grati Gelar Vaksinasi Massal Sampai Launching Inovasi Sister Peri

  • by
  • Uncategorized

Grati (PNU) – RSUD Grati berulang tahun ke 3.

Untuk merayakannya, RS yang merupakan aset Pemkab Pasuruan ini menggelar berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (30/10/2021) pagi.

Dari pantauan di lapangan, sejak pukul 7 pagi, ratusan warga mulai mengantre untuk bisa menerima vaksin. Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron juga hadir untuk menyaksikan vaksinasi maupun rangkaian acara lainnya.

Direktur RSUD Grati, drg Dyah Retno Lestari mengatakan, total terdapat 780 peserta vaksinasi. Dengan rincian 214 orang lansia, 350 warga sekitar serta 216 orang yang merupakan keluarga dari pegawai RSUD Grati. Ratusan penerima vaksin tersebut akan dikawal oleh para vaksinator dari RSUD Grati, Puskesmas Grati dan Kedawung Wetan.

“Pagi ini kita melaksanakan vaksinasi massal dengan jumlah sebanyak 780 peserta mulai dari lansia, masyarakat sekitar dan juga keluarga pegawai RSUD Grati. Alhamdulillah, semuanya antusias,” katanya.

Tak hanya vaksinasi massal, RSUD Grati kini sudah memiliki 2 mobil pelayanan yang baru, yakni mobil ambulance 119 dan mobil inovasi Sister Peri.

Khusus Inovasi Sister Peri, Retno menjelaskan bahwa inovasi tersebut merupakan singkatan dari sistem terpadu pelayanan geriatri, dimana inovasi ini dimulai sejak tahun 2020 dengan beberapa layanan. Diantaranya layanan Sistem one stop service di klinik geriatri, yaitu pasien bisa secara online daftar sehari sebelumnya, dan keeseokan harinya langsung datang kerumah sakit tanpa antri, melainkan langsung menuju ke klinik geriatri dan sudah mendapatkan semua layanan mulai dari pemeriksaan dokter spesialis, laboraturium, konsultasi gizi dan pemberian obat .

Selain itu,  dalam inovasi Sister Peri, ada pelayanan home visit oleh tim geriatri yang terdiri dari dokter spesialis, perawat, ahli gizi, petugas lab dan farmasi. Serta mobil antar jemput pasien lansia diatas 60 tahun melalui grup WA (whatsapp) sister peri atau bisa menghubungi nomor telepon layanan secara langsung.

“Inovasi Sister Peri sudah kami mulai sejak beberapa waktu lalu. Dan kami sangat bahagia dan merasa bangga, karena bisa langsung dilaunching oleh Bapak Wakil Bupati Pasuruan,” terangnya.

Tak berhenti sampai di situ, di hari yang sama, juga digelar donor darah yang merupakan kerja sama antara RSUD Grati dengan PMI Kabupaten Pasuruan. Kemudian santunan anak yatim, pemberian paket sembako bagi lansia dan kaum dhuafa, serta pembagian hadiah bagi para juara Lomba menulis opini RSUD Grati, lomba foto twibon keluarga yang sudah vaksin, lomba poster, lomba desain leaflet unit pelayanan, lomba kreasi senam cuci tangan, hingga lomba cerdas cermat akreditasi.

Kata Retno, RSUD Grati terus berbenah dalam berbagai macam aspek. Mulai dari manajemen sampai inovasi layanan kepada pasien dan masyarakat umum. Terlebih, kini RS yang berada di wilayah timur Kabupaten Pasuruan ini sudah naik kelas menjadi RSUD Type C, sehingga sudah pasti akan terus meningkatkan layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan.

“Doakan kami agar terus bisa memberikan layanan yang semaksimal mungkin untuk pasien yang membutuhkan bantuan kesehatan di RSUD Grati,” harapnya. (emil)