RATUSAN CREW RADIO PUBLIK SE – INDONESIA IKUTI DIKLAT REPORTER BI LIVE INDONESIAPERSADA.ID

  • by
  • Uncategorized
Para peserta antusias mengikuti jalannya Diklat Peningkatan Kapasitas SDM Reporter Berita Indonesia Live, Sabtu (27/2/2021), yang diselenggarakan oleh Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (INDONESIAPERSADA.ID).* (foto: tangkapan layar)

INDONESIAPERSADA.ID – SURABAYA: Lebih dari 250 reporter Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL / Radio Publik) se – Indonesia, hari ini (Sabtu, 27/2/2021), mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kapasitas SDM Reporter Berita Indonesia Live yang diselenggarakan oleh Persatuan Radio TV Publik Daerah Seleuruh Indonesia (INDONESIAPERSADA.DI). Acara berlangsung secara virtual dibuka oleh Ketua Harian INDONESIAPERSADA.ID Drs. H. Syaifudin Ahmad, M.Si.

Ratusan peserta tersebut berasal dari LPPL yang tersebar di seluruh Indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Kalimantan, dan Sulawesi. Sedangkan untuk narasumber memberdayakan para Redaktur Pelaksana (Redpel) Berita Indonesia Live. Para Redpel sendiri terdiri dari gabungan lima LPPL yang telah berpengalaman di dunia penyiaran radio.

Para Redpel tersebut yaitu Rahadio dari LPPL Radio Sasaraina FM Kep. Mentawai Sumbar, Wahyu Riyadi dari LPPL Radio Gema Bungo Jambi, Anggoro AP dari LPPL Radio Dimensi Baru Lampung Selatan Lampung, Aan Kasiyanto dari LPPL Radio Gagakrimang Blora Jateng, dan Henti Ludiyana dari LPPL Radio Suara Ngawi Jatim. Serta supervisi dari Rita Zoelkarnaen selaku Pemimpin Redaksi Berita Indonesia Live dari LPPL Radio Mahardhika Kota Blitar.

Syaifudin Ahmad saat menyampaikan sambutan dan membuka acara mengatakan, LPPL Indonesia sesuai tagline INDONESIAPERSADA.ID yaitu Untuk Menyiarkan Baik. Acara Diklat sekaligus diharapkan dimanfaatkan oleh anggota untuk menyiapkan diri bagi peserta INDONESIAPERSADA.ID AWARD TAHUN 2021. Apalagi ada testimoni best practice dari para pemenang penghargaan tahun 2020 lalu, sehingga bisa saling memanfaatkan untuk menimba ilmu.

“Terima kasih untuk para narasumber dari jajaran Redpel dan para pemenang yang mau membagikan pengalaman dan ilmu yang dimiliki kepada para peserta,” kata Syaifudin.

Dalam acara pembukaan juga dihadiri sejumlah Pengurus INDONESIAPERSADA.ID antara lain Dewan Pengarah Eddy Santoso, Wakil Ketua Umum Yeflin Luandri dari Sumatera Barat, Wakil Ketua Umum Sudarman dari Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Sekjen Rita Triana, Direktur Eksekutif Aries Widojoko, Wakil Direktur Eksekutif Eko Triono Batiasmoro, dan Manager Program Khusus Jejaring Radio Ian Kusnianto.

Yeflin Luandri salah satu tokoh pengurus yang membidani lahirnya INDONESIAPERSADA.ID saat menyampaikan arahan menilai tepat kegiatan Diklat yang dilakukan tersebut. Apalagi juga diimbangi dengan adanya orientasi pemberian penghargaan. Sekaligus dalam Diklat juga memberikan ruang untuk saling mengeluarkan gagasan. Hal senada juga disampaikan oleh Sudarman. Eksistensi LPPL diperlukan untuk memerangi peredaran berita – berita hoaks. Hal tersebut bisa dilawan dengan terus menerus menyampaikan fakta dan informasi yang benar.

“Diklat semacam ini kita yakini bisa mendorong LPPL semakin baik dan professional. Dan, melalui kegiatan yang terorganisasi semacam ini, akan membuat LPPL Indonesia semakin kuat dalam menjaga ketahanan informasi bangsa dan negara,” terang Sudarman.* (rit’z)